Proses Barrel & Rack Pada Elektroplating

Proses Barrel & Rack Pada Elektroplating

Proses "Barrel" & "Rack" pada kegiatan elektroplating adalah dua metode yang umum digunakan untuk melapisi logam pada permukaan objek. Meskipun tujuannya sama, yaitu memberikan lapisan logam yang diinginkan pada suatu benda, kedua metode ini memiliki perbedaan dalam cara objek atau komponen diproses selama elektroplating. Berikut adalah kaitan antara proses "Barrel" dan "Rack" pada kegiatan elektroplating :


1. Metode Penggantungan

  • Rack :  Pada metode "Rack" , objek dipegang atau digantung pada rak menggunakan kawat atau klip khusus. Penggantungan objek secara individual memungkinkan akses yang baik pada seluruh permukaan objek, tetapi metode ini lebih cocok untuk objek dengan bentuk atau ukuran yang kompleks.


  • Barrel : Pada metode "Barrel", objek dimasukkan ke dalam tempat yang diputar selama proses elektroplating. Sejumlah besar objek kecil dapat diproses secara bersamaan dalam satu tempat sehingga metode ini lebih cocok untuk objek-objek kecil yang dapat bergerak atau bergesekan satu sama lain selama proses.


2. Ukuran dan Bentuk Objek :

  • Rack :  Metode "Rack" lebih cocok untuk objek dengan ukuran besar atau bentuk yang kompleks yang sulit dimasukkan ke dalam drum. Cocok untuk produksi komponen besar atau khusus dengan permintaan pelapisan yang tinggi. Cocok untuk produksi komponen besar atau khusus dengan pelapisan yang tinggi.
  • Barrel : Metode "Barrel" lebih efisien untuk objek dengan ukuran kecil hingga menengah, seperti sekrup, mur, dan komponen kecil lainnya. Ideal untuk produksi massal di mana sejumlah besar objek kecil harus dilapisi secara bersamaan.


3. Efisiensi dan Biaya :

  • Rack :  Metode "Rack" dapat lebih memakan waktu dan memerlukan lebih banyak tenaga kerja karena objek diolah secara individual. Cocok untuk produk-produk dengan nilai tambah tinggi atau spesifikasi khusus.
  • Barrel : Metode "Barrel" lebih efisien dalam hal waktu dan tenaga kerja karena memungkinkan pemrosesan bersamaan untuk banyak objek. Ideal untuk produksi massal dengan biaya produksi yang lebih rendah per unit.


        Dengan memilih antara metode "Barrel" dan "Rack", produsen dapat menyesuaikan pendekatan elektroplating sesuai dengan jenis produk, ukuran produksi dan persyaratan kualitas yang diinginkan. Beberapa fasilitas elektroplating mungkin bahkan menggunakan kombinasi dari kedua metode, tergantung pada kebutuhan produksi dan karateristik objek yang hendak dilapisi. Yuk segera konsultasikan kebutuhan elektroplating untuk industri kamu dengan Tri Megah Tehnik. Dapat isi form contact us dan jangan lupa share artikel ini ya!