Elektroplating & Kebutuhan Untuk Industri

Elektroplating & Kebutuhan Untuk Industri

Elektroplating berasa dari kata elektro & plating, plating merupakan pelapisan permukaan logam & elektro melibatkan penggunaan arus listrik sehingga elektroplating merupakan proses elektrolisis kimia untuk membuat LAPISAN logam pada permukaan bahan yang akan di lapis serta elektrolisis adalah metode menggunakan arus listrik searah (DC) untuk menggerakkan reaksi kimia. Plating secara umum mencakup berbagai metode, termasuk yang melibatkan elektroplating dan yang tidak. Dalam konteks industri, elektroplating seringkali lebih umum digunakan karena memberikan kontrol yang lebih baik atas lapisan yang dihasilkan.

Kegunaan Menggunakan Elektroplating Dalam Industri

  • Untuk meningkatkan ketahanan korosi material substrat.
  • Untuk meningkatkan dekoratif & ketahanan karat.
  • Untuk meningkatkan ketahanan abrasi/gesekan dari bahan media.
  • Untuk pelapisan kemasan
  • Untuk kemampuan solder

Beberapa Industri Yang Menerapkan Elektroplating

Proses elektroplating digunakan dalam berbagai industri untuk memberikan perlindungan, penampilan estetika dan sifat fungsional tertentu pada produk. Berikut adalah contoh proses penerapan elektroplating pada beberapa industri : 

1. Industri Otomotif

    Komponen logam otomotif : Banyak komponen logam pada kendaraan bermotor, seperti bumper, velg atau ornament menggunakan elektroplating untuk meningkatkan tahan karat. Kromasi pada Knob & Handle : Penerapan lapisan kromium (kromasi) pada knob & handle, memberikan tampilan mengkilap dan menambah daya tahan terhadap korosi.

2. Industri Elektronik

     Kontak Elektronik : Kontak elektronik pada konektor atau sakelar sering kali menggunakan elektroplating dengan lapisan emas atau paladium untuk meningkatkan konduktivitas dan mencegah korosi. Pelapisan Kuningan : Pada papan sirkuit cetak (PCB), elektroplating dengan lapisan kuningan dapat digunakan untuk meningkatkan ketahanan terhadap korosi dan memperbaiki kinerja sambungan.

3. Industri Perhiasan :

     Perhiasan logam : Emas, perak dan platina sering diaplikasikan melalui elektroplating pada perhiasan untuk memberikan tampilan yang mengkilap dan mewah. Pernikahan Logam : Pada perhiasan pernikahan, seperti cincin kawin, lapisan rhodium sering digunakan untuk memberikan tampilan putih seperti platinum dan meningkatkan ketahanan terhadap goresan.

4. Industri Logam Berat :

     Alat Peralatan Industri : Komponen logam pada peralatan industri seperti katup atau pipa, dapat menggunakan elektroplating untuk meningkatkan ketahanan          terhadap korosi dan abrasi. Pelapisan Anti-Karat pada Struktur Logam : Pada industri konstruksi, elemen logam yang terpapar cuaca dapat menggunakan elektroplating dengan lapisan anti-karat untuk meningkatkan daya tahan terhadap kondisi lingkungan.

5. Industri Perkakas dan Alat-alat :

     Alat Tangan & Peralatan : Alat tangan seperti kunci pas dan tang seringkali menggunakan elektroplating untuk meningkatkan ketahanan terhadap korosi dan meningkatkan daya tahan terhadap aus. Matriks & Pahat : Komponen perkakas seperti ini dapat menggunakan elektroplating untuk meningkatkan kekerasan permukaan dan memperpanjang umur pakai.

6. Industri Perdagangan & Layanan :

     Perdagangan Emas & Perak : Bisnis perhiasan atau perdagangan logam mulia dapat menggunakan elektroplating untuk memperbaiki atau memberikan tampilan baru pada perhiasan yang sudah digunakan.


Proses elektroplating memberikan solusi multifungsi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan berbagai industri untuk meningkatkan kualitas produk. Untuk tanya-tanya dengan teknisi berpengalaman dan profesional dapat mengisi bagian Contact Us dan jangan lupa bagikan artikel ini ya!